BLANTERRAZZIv101

Overload Information : Mengapa Anda perlu mengambil cuti dari ponsel Anda

05 Mei 2023
Ponsel menjadi tidak terpisahkan dari kita. Anda dapat melihat orang-orang dari semua berbagai kalangan umur dengan mata terpaku pada ponsel mereka ke mana pun anda pergi. Hampir tidak ada ruang dalam hidup yang belum diserbu oleh ponsel kita. Ponsel kita adalah hal pertama yang kita lihat setelah bangun tidur, dan hal terakhir yang kita lihat sebelum tidur.
Tidak diragukan lagi, teknologi telah membuat hidup lebih mudah. Tetapi dengan melakukan itu, itu telah mengendalikan hidup kita dengan lebih dari satu cara. Ketika kita menjadi sangat kecanduan sehingga jika kita tidak dapat menemukan ponsel kita atau terhubung ke internet, kita akan menjadi panik. Kita terbiasa melihat dunia melalui ponsel kita. Saat ledakan smartphone  dimulai, tidak ada yang menyangka dampak negatifnya terhadap kehidupan kita.

Ponsel Anda membunuh fokus Anda

Dari saat kita bangun hingga saat kita tidur  kita dibanjiri oleh notifikasi. Setiap kali aplikasi di ponsel kita mati, kita meninggalkan apa pun yang sedang kita lakukan dan mengangkat ponsel kita untuk memeriksa notifikasi.

Tapi apakah kita benar-benar meletakkan telepon setelah memeriksa satu notifikasi saja? TIDAK. Kita terganggu (lagi!) Oleh sesuatu yang menarik perhatian kita. Kita mengejarnya seolah-olah kita berada di bawah mantra. Hanya setelah cukup banyak waktu berlalu, kita diingatkan tentang tugas yang ada.

Dan kita bercanda tentang ikan mas yang memiliki ingatan berumur pendek. Yah, lelucon itu ada pada kita.

Overload informasi

Kita menemukan ratusan atau bahkan ribuan informasi setiap hari. Bagian mana dari informasi itu yang bermanfaat? Bukankah kita terlalu membebani pikiran kita, terus-menerus memberi mereka makan dengan semua hal sepele? Jika kita terus memaksakan otak kita, otak kita akan terlalu lelah pada saat kita sangat membutuhkannya. Sedikit hal-hal sepele tidak apa-apa, tetapi terlalu banyak akan membuat kita kewalahan.

Melewatkan jam tidur

Ponsel sudah lama menginvasi kamar tidur kita. Hampir semua orang yang saya kenal menghabiskan waktu di ponsel mereka sebelum tidur. Kita telah menelusuri umpan media sosial yang tak ada habisnya, membaca satu posting demi posting berikutnya. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar tidak hanya memengaruhi mata kita, tetapi juga memengaruhi tidur. Kadang-kadang, Anda bahkan menemukan diri Anda memegang ponsel sambil menolak tidur. Kurang tidur, pada gilirannya, akan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental Anda.  

Pikiran yang gelisah

Terkadang, saya merasa hidup seperti berlari di atas treadmill. Kita berlari dan berlari sampai kita kelelahan, namun kami tidak kemana-mana. Hidup, sebagaimana adanya, penuh tekanan. Semua pengguliran media sosial yang tak ada habisnya, menonton pesta, permainan yang intens, dan pengiriman pesan terus-menerus — di mana itu membawa kita? Pikiran yang terlalu terjerat dalam urusan duniawi menjadi terputus dari sifat sejati kita .
Kedamaian adalah sifat sejati kita sedangkan Kekacauan tidak.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan ponsel?

Di zaman sekarang ini, menghindari penggunaan ponsel sama sekali tidak mungkin. Tetapi jika kita berusaha sedikit, kita dapat secara substansial mengurangi waktu yang dihabiskan dengan ponsel kita. Keenam tips ini akan membantu Anda lebih sering menyisihkannya:

 Jangan tidur dengan ponsel di sisi Anda. Jika memungkinkan, simpan di ruangan yang berbeda. Jika tidak, setidaknya jaga jarak.

• Jangan periksa ponsel Anda saat Anda sedang makan. Makan makanan Anda dengan penuh perhatian dan nikmati setiap potongan dengan semua indra Anda. Ketika Anda penuh perhatian, Anda mulai lebih menghargai makanan Anda. Anda merasa bersyukur atas makanannya. Anda hanya makan jumlah makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh.  

• Sedikit perhatian berjalan jauh!
Saat Anda menghabiskan waktu bersama keluarga , letakkan ponsel Anda. Bersyukurlah atas keluarga indah yang diberikan kepada Anda. Berinteraksi dengan sepenuh hati dan berikan perhatian penuh kepada keluarga Anda.

• Saat ini, beberapa produsen ponsel memasukkan mode fokus ke dalam ponsel. Dengan menggunakan itu, Anda dapat memblokir aplikasi tertentu pada waktu tertentu dalam sehari. Melakukan hal ini akan meningkatkan fokus Anda pada tugas yang ada. Anda dapat mengaktifkan mode ini saat menghabiskan waktu bersama keluarga, berolahraga, atau melakukan aktivitas favorit Anda. Meskipun ponsel Anda tidak memiliki fitur ini, ada banyak aplikasi daring yang menawarkan fungsi yang sama.

• Ambil cuti beberapa hari dari media sosial. Hampir setiap media sosial menawarkan opsi untuk menonaktifkan akun Anda selama beberapa hari. Habiskan waktu yang dihemat untuk aktivitas bermakna secara offline. Saat Anda siap, Anda selalu dapat kembali dan mengaktifkan kembali akun Anda.

• Tantang diri Anda untuk pergi 24 jam tanpa menggunakan ponsel Anda. Jika itu sulit, mulailah dengan target yang lebih kecil dan tingkatkan waktunya secara bertahap. Setelah berhasil menyelesaikan tantangan, manjakan diri Anda.